SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

UPSKILLING DAN RESKILLING GURU SMK BERSTANDAR INDUSTRI

Senin, 04 Januari 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 2770 Kali

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat trobosan baru dengan program “Pernikahan Masal” antara Pendidikan Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan meluncurkan program Upskilling dan Reskilling Guru SMK. Acara tersebut dilakukan beberapa hari dan berbagai tempat.

Program tersebut dilakukan selama 42 hari di PB SMK N 1 Serang. Kemudian, 19-24 Oktober 2020 dilaksanakan di Hotel Ledian.Lalu dilanjutkan dengan magang dimulai 23 Oktober – 26 November 2020 bertempat di Hotel Horison Ultima Ratu, Serang. Tanggal 27 – 30 November 2020 kembali ke PB SMK N 1 Serang untuk pelaporan dan pembuatan teaching project.

Program ini diikuti oleh Guru SMK dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya yaitu Guru SMK Negeri 2 Magelang,Ibu Purwaningsri, S.Pd., M.M., guru Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

“Kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena guru bisa mendapatkan pengalaman langsung terjun ke dunia industi,“ tutur Ibu Purwaningsri.

Guru yang akrab disapa Bu Pur tersebut menambahkan bahwa guru juga dapat merasakan secara langsung bagaimana proses bekerja di industri, jadi bukan hanya teori melainkan guru juga mendapatkan pengalaman kerja dengan praktik langsung. Budaya kerja industri juga perlu untuk diterapkan di sekolah, seperti datang tepat waktu, loyalitas, dan lain sebagainya.

Mengapa harus Guru SMK? Upskilling dan reskilling guru SMK merancang kurikulum SMK yang baru, lebih sederhana, dan sesuai dengan kebutuhan industri karena disusun bersama industri.Harapannya, program ini dapat meningkatkan kompetensi guru SMK khususnya pada Kompetensi Proses Industri Staf Administrasi sesuai dengan standar industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA)

“Kedepannya, kurikulum diserahkan ke masing-masing sekolah dengan IDUKA disekitarnya. Pemerintah hanya memberikan struktur kurikulum saja. KI, KD, dan silabus dibuat oleh sekolah bersamaIDUKA sehingga diperlukan analisis kurikulum 2013 dan kegiatan industri terhadap kewirausahaan,” ujar Bu Pur. (ifaa)

Oleh : Tim Jurnalistik Skanida

SMK Bisa !

SMK Hebat !

SMK Negeri 2 Magelang Juara dan Unggul!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

  Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL