SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi SMK N 2 Magelang

Wirausahawan Sukses di Era Pandemi

Senin, 05 Oktober 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 67 Kali

Era pandemi COVID-19 mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia baik secara fisik maupun biologis. Masyarakat menggeser aktivitas-aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata ke dunia maya. Sejalan dengan kebiasaan baru masyarakat saat ini , dalam webinar yang di selenggarakan oleh Direktorat SMK dengan judul “The power of Digital Marketing” oleh  Adhi Yudho Wibowo, ST, MBA pada hari Jumat, 18 September 2020 memaparkan pentingnya generasi muda menjawab tantangan bisnis di era pandemi. Hal ini sejalan dengan Visi Misi Jurusan Kompentensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Magelang yaitu mencetak seorang wirausahawan yang sukses dengan menggunakan bisnis secara daring. Didukung dengan mata pelajaran C3 Kompentensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran seperti Produk Kreatif dan Kewirausahaan dan Bisnis Online, maka siswa Bisnis Daring dan Pemasaran dapat memulai usaha melalui media sosial yang kita punya, seperti Facebook dan Instagram.

Hampir seluruh kegiatan masyarakat diambil alih dan dipermudah oleh teknologi, sehingga hal ini akan menjadi sebuah tantangan besar bagi SMK dalam mencetak seorang wirausahawan yang sukses. Melalui webinar “The power of Digital Marketing” dengan pembicara Adhi Yudho Wibowo, ST, MBA pada hari Jumat, 18 September 2020 memaparkan bahwa dunia saat ini telah berubah dan perilaku pelanggan pun sudah berubah. Saat ini manusia sudah terhubung dengan berbagai device mulai dari laptop, smartphone, smart TV dan sebagainya. Hal tersebut tentu saja memberi dampak positif terhadap perkembangan pasar digital.

Ada banyak cara atau tips yang dapat dilakukan untuk menjadi wirausahawan sukses. Beberapa tips yang dapat dilakukan menjadi seorang wirausahawan yang sukses di era pandemi antara lain yang pertama adalah jeli melihat produk-produk yang sedang marak dibutuhkan konsumen contohnya seperti perlengkapan kesehatan, bahan pangan dan teknologi informasi dan komunikasi. Hal kedua yang dapat dilakukan adalah memaksimalkan semua layanan daring melalui media sosial yang banyak digunakan, seperti FacebookInstagram, Youtube dsb. Perkuat bisnis yang awalnya offline menjadi online melihat masyarakat saat ini terhubung dengan berbagai device. Maksimalkan semua layanan daring dan aplikasi atau platform yang mudah diakses oleh konsumen, bergabunglah ke berbagai e-commerce untuk memperluas lapak dagangan di dunia maya. Diharapkan dengan layanan daring ini nantinya akan menambah omset bagi para wirausahawan. Selanjutnya untuk hal ketiga adalah melakukan promosi yang tepat di tengah kondisi pandemi sebaiknya lebih gencar untuk layanan pesan antar (delivery order). Media sosial dan e-commerce adalah sarana yang paling tepat untuk promosi produk. Banyak aplikasi yang menambahkan fituruntuk media promosi, seperti Whatsapp Business, Facebook Ads, Instagram Ads, Google,Youtube, dan masih banyak lagi. Isi konten promosi bisa memasukkan teknik untuk menarik konsumen antara lain free ongkir (ongkos kirim), give away, gift card, buy 5 free 1, dan masih banyak lagi. Daftarkan produk kita dengan kerjasama layanan pesan antar seperti aplikasi gojek dan grab agar masyarakat mudah menjangkau produk yang kita jual. Dengan adanya layanan pesan antar (delivery order) diharapkan akan bisa membantu masyarakat untuk tetap dirumah dan membantu mengurangi penularan virus COVID-19. Terakhir yang paling terpenting adalah seorang wirausahawan bisa memberikan tanggung jawab jaminan kesehatan, agar konsumen percaya dengan produk yang kita tawarkan.

Demikian beberapa tips untuk wirausahawan sukses di era pandemi  COVID-19 semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih.

-Jurusan BDP SMK N 2 Magelang-

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT