SMK Negeri 2 Magelang

Jalan Jend. A. Yani 135 A Magelang

Skanida Bisa Hebat

PENYELENGGARAAN RECOGNITION CURRENT COMPETENCY (RCC) ASESOR KOMPETENSI OLEH LSP P1 SMK NEGERI 2 MAGELANG

Rabu, 16 Oktober 2019 ~ Oleh Ketua LSP P1 SMK Negeri 2 Magelang ~ Dilihat 77 Kali

MAGELANG – Dalam rangka penjaminan mutu asesor kompetensi, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memberikan lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 SMK Negeri 2 Magelang untuk menyelenggarakan Recognition Current Competency (RCC) bagi para asesor kompetensi. RCC diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 12 dan 13 Oktober 2019 di Hotel Borobudur Indah Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bahwa masa berlaku sertifikat asesor selama tiga tahun dan harus diperpanjang melalui RCC bagi Asesor Kompetensi.

RCC diikuti oleh 20 peserta, diantaranya 10 peserta dari SMK Negeri 2 Magelang, 5 peserta dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 4 peserta dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan 1 peserta dari SMK Muhammadiyah Salaman.

Pada hari pertama, Sabtu tanggal 12 Oktober 2019 kegiatan diawali dengan laporan kegiatan dari ketua pelaksana yaitu Ibu Dra. Sri Umi Kisworini. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Pengawas SMK Cabang Dinas VIII, Bapak Mahmud, S.Pd., M.Pd. Selanjutnya, dirangkai dengan Refresh Materi yang dipaparkan oleh Master Asesor dari BNSP yaitu Bapak Masruri dan Bapak Sujiyanto. Materi yang disampaikan pada refresh materi meliputi Kebijakan Sistem Sertifikasi, Merencanakan Aktivitas dan Proses Asesmen, Melaksanakan Asesmen, dan Memberikan Kontribusi dalam Validasi Asesmen.

Hari kedua, Minggu tanggal 13 Oktober 2019 kegiatan yang dilaksanakan yaitu verifikasi portofolio peserta. Pelaksanaan verifikasi dilaksanakan oleh Master Asesor dari BNSP. Tiap asesor melakukan verifikasi terhadap 10 peserta. Hasil verifikasi portofolio oleh Master Asesor terhadap peserta yang berjumlah 20 menyatakan bahwa seluruh peserta direkomendasikan kompeten dan berhak mendapatkan Sertifikat Asesor Kompetensi dari BNSP.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT