SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

PMR Wira SMKN 2 Magelang Gelar Latihan Dasar Siaga Bencana Bersama PMI kota Magelang

Senin, 13 Juni 2022 ~ Oleh Rahma ~ Dilihat 112 Kali

MAGELANG (12/06/2022) – PMR Wira SMKN 2 Magelang mengadakan Latihan Dasar (Latsar) Siaga Bencana dengan menggandeng pemateri dari PMR Kota Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada hari Jumat-Sabtu (10-11/06/2022) di area sekolah. Pada hari pertama, latsar  dimulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB dan hari terakhir dimulai pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB. Peserta yang hadir merupakan seluruh anggota PMR Wira masa bakti 2021/2022. Meskipun ada beberapa peserta yang absen dalam latihan dasar kali ini, namun pelaksanaan acara dari awal sampai akhir berjalan tanpa kendala yang berarti.

PMI Kota Magelang memprioritaskan latihan dan pemberian materi tentang siaga bencana dengan tujuan agar peserta dapat memahami tata cara menghadapi bencana, baik sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana, terutama bencana yang kemungkinan terjadi di sekolah.

Para peserta diajarkan cara menghadapi, menanggulangi, dan melakukan pertolongan dasar pada diri sendiri maupun korban bencana. Materi disampaikan dengan luwes oleh Kak Guruh dan Kak Fifit selaku perwakilan pemateri dari PMI Kota Magelang. Selain itu, ada pula materi yang disampaikan oleh alumni PMR Wira SMKN 2 Magelang yaitu Kak Wulan dan Kak Meita. Suasana pemberian materi berjalan hikmat, para peserta mendengarkan dan mempraktekkan apa yang disampaikan dengan baik.

“Saya merasa senang dengan adanya kegiatan latihan dasar siaga bencana ini, karena saya jadi tahu hal-hal apa yang harus saya lakukan sebagai seorang anggota PMR ketika menghadapi bencana yang terjadi di sekolah dan cara membantu warga sekolah", ujar Wahyuni Salisa, satu dari 57 peserta yang ikut latsar siaga bencana saat ditanyai mengenai perasaannya usai pelaksanaan kegiatan.

Evi Rachma Citra Hafiz, Pembina PMR Wira Skanida berharap dengan adanya kegiatan latsar siaga bencana ini, para peserta dapat menumbuhkan rasa empati dan simpati dalam diri mereka sehingga dapat melakukan pertolongan pada orang yang membutuhkan.

“Harapan saya, anak tumbuh rasa empati dan simpati dalam hatinya. Dalam hal pertolongan pada siapa saja", ungkapnya.(Meitri/Tim Jurnalistik Skanida)

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT