SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi SMK N 2 Magelang

Sosialisasi Center of Excellent (CoE) SMK Negeri 2 Magelang

Kamis, 15 Oktober 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 66 Kali

MAGELANG - Center of  Excellent (CoE) adalah sekolah pusat unggulan  yang ditunjuk pemerintah untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). SMK Negeri 2 Magelang lolos dalam pemilihan SMK yang menyandang predikat CoE dari 400 SMK se-Indonesia.

“Semua warga sekolah harus tahu apa itu CoE dan bagaimana cara melaksanakan program itu,“ kata Ibu Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar. selaku Kepala SMK Negeri 2 Magelang pada sosialisasi CoE di sekolah setempat (15/10/2020).

          Bagaimanakah konsep yang digunakan untuk memilih SMK sebagai pusat keunggulan CoE? Ada empat kriteria yang digunakan, yaitu 1) SMK yang berkinerja sangat bagus, 2) mampu menyelenggarakan peningkatan kompetensi kejuruan bagi guru/instruktur SMK lain, masyarakat, termasuk permintaan IDUKA, 3) menjadi branding SMK lain untuk mencontoh, dan 4) mampu menggerakkan serta membimbing SMK lain.

          Sementara itu, strategi yang digunakan untuk memilih SMK berkinerja sangat bagus didasarkan pada pengukuran kinerja secara komprehensif yang meliputi aspek Input (siswa, SDM, kurikulum, dsb.), Process (pelaksanaan KBM, perkembangan SDM, dsb.), Output (kualitas lulusan), Outcome (keterserapan dan kemandirian lulusan), dan Impact (meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap SMK) atau singkatnya bisa disebur IPOOI.

          Kompetensi Rekaya Perangkat Lunak (RPL) dinilai layak dan selaras dengan salah satu  landasan hukum yang digunakan dalam program CoE yaitu revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam program pembelajaran di kompetensi RPL adalah pengembangan teknologi yang berbasis peningkatan sumber daya manusia.

          Dengan terpilihnya kompetensi kejuruan RPL sebagai pelaksana program CoE maka, diharapkan SMK Negeri 2 Magelang mampu menyelenggarakan peningkatan kinerja bagi guru, sekolah, masyarakat, maupun permintaan IDUKA, menjadi branding atau contoh dan mampu menggerakkan, membimbing, dan membina SMK lain.

          “Dengan menerapkan dan melaksanakan konsep serta strategi CoE tadi diharapkan lulusan SMK Negeri 2 Magelang kompeten baik hardskill maupun soffskill serta memilili kejujuran dan tanggung jawab yang tinggi.” ujarnya. (Tim Jurnalistik Skanida)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT