SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi SMK N 2 Magelang

SMK Negeri 2 Magelang Gandeng Magelang Ekspres Adakan Pelatihan Jurnalistik

Rabu, 14 Oktober 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 56 Kali

MAGELANG – SMK Negeri 2 Magelang bekerja sama dengan Magelang Ekspres menggelar Pelatihan Jurnalistik pada Senin-Selasa (12-13/10/2020) di sekolah setempat. Pelatihan ini mengundang dua redaktur media tersebut sebagai narasumber. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan eksistensinya di masyarakat luas.

 “Pelatihan ini saya harap dapat membuat peserta terampil dalam menulis berita dan menjadikan Web Skanida agar dinamis,” ujar Kepala SMK Negeri 2 Magelang, Ibu Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar dalam pembukaan di Ruang AVA Skanida.

 Pihaknya berharap, pelatihan itu menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan keterampilan guru dan siswa dalam menulis berita. Berita merupakan produk jurnalistik yang menjadi kehidupan bagi web sekolah.

"Karena itu, diharapkan peserta dapat menghasilkan berita-berita seputar sekolah yang berkualitas secara konsisten untuk disajikan dalam berbagai media," tambahnya.

Pelatihan diikuti delapan guru dan enam siswa sebagai peserta.  Kegiatan yang dilaksanakan di laboratorium komputer ini berlangsung selama tiga jam tiap harinya. Hari pertama, peserta dibekali teori-teori jurnalistik. Kemudian, peserta diajak untuk praktik menulis hingga menyunting berita pada hari kedua.

 “Peserta pelatihan nantinya akan dibentuk menjadi Tim Jurnalistik Skanida,” tandas Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri, Bapak Arifin Andi Gunawan, S.Kom.

 Setelah mengikuti pelatihan, peserta yang terlibat akan memperkuat Tim Jurnalistik Skanida dalam menyajikan berita teraktual untuk dimuat dalam web sekolah maupun media massa setempat.

 "Dengan demikian, SMK Negeri 2 Magelang dapat meningkatkan eksistensinya dan makin dikenal masyarakat luas sebagai sekolah kejuruan yang juara dan unggul," tegasnya.

Sebagai pemateri, Nur Imron Rosadi dan Malik Salman. Dalam kesempatan itu lebih ditonjolkan pada pelatihan menulis berita. Hasil tulisan peserta pun langsung dievaluasi bersama.

 "Teori jurnalistik kita sampaikan. Tapi porsinya lebih kecil. Dominan yang praktik. Karena menulis itu butuh diasah dan terus diasah," ujar Nur Imron. (Ericka Roysanti)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT