SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi SMK N 2 Magelang

“Smart App For School” Rekayasa Perangkat Lunak (Kamp Kreatif SMK Indonesia Tahun 2020)

Rabu, 07 Oktober 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 59 Kali

          Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) 2020 merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai hasil sinergi antara direktorat SMK, SEAMEO Secretariat Bangkok, SEAMEO Center di Indonesia, Perguruan Tinggi, Lembaga/Institusi yang relevan, dan IDUKA. Kamp Kreatif SMK Indonesia Tahun 2020 kali ini diseleggarakan dengan latar belakang perlunya  mengimplementasikan teknologi terbaru/industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK, meningkatkan dan memeratakan kualitas pembelajaran, meningkatkan akses untuk pendidikan SMK yang berkualitas. Salah satu topik pembelajaran KKSI 2020 adalah “Smart App For School”.  Tujuan pembelajaran tersebut adalah agar siswa dan guru dapat membuat aplikasi untuk mengatur sistem di sekolah.

         Kegiatan tersebut dibuka pada hari Rabu, 5 Oktober 2020 oleh Nur Rohman, S.Kom,  guru RPL SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, dan beliau juga seorang instruktur pembelajaran teknologi 4.0 teknologi smart school 2019. Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan tujuan dari materi smart app for school adalah memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah, menghasilkan perangkat lunak yang berkinerja tinggi, andal, tepat waktu, menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform, dan menghasilkan perangkat lunak dengan biaya perawatan rendah.

       Pada pertemuan ke-3 KKSI “Smart App For School”  beliau memaparkan materi pengantar Rekayasa Perangkat Lunak mulai dari tahap awal yaitu analisis kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, design, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Hal tersebut diuraikan dalam tahap-tahap pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak yaitu system engineering, analisis, design, coding, testing, dan maintenance. System Engineering, adalah tahap rekayasa sistem yang ada pada tahap ini,  menentukan kebutuhan-kebutuhan pada sistem yang akan dibangun. Contoh system engineering yang dipaparkan adalah pada aplikasi yang dirancang, akan mempermudah penyebaran informasi lowongan pekerjaan bagi alumni. Informasi lowongan pekerjaan akan otomatis tersebar jika memperbarui data informasi di database BKK. Dengan sistem ini, jika ada informasi lowongan kerja terbaru,  alumni akan mendapatkan informasi jika terhubung dengan internet. Analisis adalah tahap menganalisis hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek pembuatan atau pengembangan software.  Analisis dibagi menjadi dua bagian yaitu analisis kelemahan sistem, analisis kebutuhan sistem (perangkat keras & lunak kebutuhan operasional). Design adalah tahap penerjemahan dari keperluan-keperluan yang yang dianalisis kedalam bentuk yang lebih mudah dimengerti oleh pemakai, yaitu dengan cara menampilkan dalam diagram konteks, data diagram (diagram alir data), entity reationship, struktur tabel, dan struktur menu. Pada materi ini dipaparkan beberapa system design antara lain use case diagram, class diagram, dan perancangan basis data. Coding, adalah tahap penerjemahan data / pemecahan masalah software yang telah dirancang kedalam bahasa pemograman yang telah ditentukan. Testing adalah tahap pengujian terhadap program yang telah dibuat. Pada pertemuan kali ini dipaparkan dua metode testing yaitu metode white box dan metode black box. Maintenance perangkat lunak yang susah disampaikan kepada pelanggan pasti akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan (periperal atau sistem operasi baru) baru, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional

         Pada akhir acara KKSI “Smart App For School” pertemuan ketiga, peserta diminta untuk membuat  rancangan awal aplikasi yang akan dibuat sebagai tugas akhir.  Tugas akhir yang harus dikumpulkan pertama yaitu berupa demo program/aplikasi yaitu proses perancangan, proses pengerjaan sampai dengan hasil akhir.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT