SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

SMK Negeri 2 Magelang Gelar Pesantren Ramadhan

Senin, 08 April 2024 ~ Oleh jurnalis ~ Dilihat 148 Kali

Magelang - Pesantren Ramadhan merupakan salah satu kegiatan yang lazim dilakukan guna memeriahkan bulan suci Ramadhan. Di SMK Negeri 2 Magelang sendiri "Pesantren Ramadhan" digelar atas kolaborasi antara Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Organisasi Rohani Islam (Rohis). Pesantren Ramadhan ini digelar selama 2 hari yaitu pada Rabu-Kamis (03-04/04/2024). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Qurata A'Yun dan ruang C4-C5 SMK Negeri 2 Magelang. Dengan diikuti oleh seluruh warga sekolah baik siswa maupun guru. 

Pada hari pertama, kegiatan Pesantren Ramadhan diikuti oleh siswa-siswi kelas 10. Kegiatan diawali dengan kajian bersama Kyai Agus Mukimoden serta diselingi dengan penampilan Grub Rebana SMK Negeri 2 Magelang. Selanjutnya yatu melaksanakan solat dhuha di masjid yang kemudian dilanjutkan membaca Asmaul Husna bbersa, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh guru. Adapun materi untuk jurusan AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga) dan MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis) mendapatkan materi bertemakan "Fiqih Wanita" yang dibawakan oleh Ibu Markhumah Muhaimin, S.Ag., M.Pd I. Sedangkan untuk jurusan PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan GIm) dan PM (Pemasaran) mendapat materi dengan tema "Cinta Tanpa Ikatan Suci Hanya Kesesatan Abadi" oleh Bu Murtiningsih, S.Pd, M.Pd. Setelah itu sebelum penutupan juga terdapat ice breaking dan pemutaran film Islami.

Pada hari kedua kegiatan ramadhan diikuti oleh siswa-siswi 11. Sama seperti hari pertama, siswa siswi kelas 11 juga mengenakan pakaian muslim. Mereka juga mengikuti kajian pagi di lapangan SMKN 2 yang dipimpin oleh Ustad Arief Munajat. Siswa-siswi kelas 11 juga melaksanakan sholat dhuha dan membaca Asmaul Husna bersama.

Tak jauh berbeda dengan kelas 10, mereka juga mendapatkan materi dari guru. Untuk jurusan PPLG ( Pengembangan Perangkat lunak dan GIm) dan PM (Pemasaran) mendapatkan materi dengan tema "Cinta Tanpa Ikatan Suci Hanya Kesesatan Abadi" yang disampaikan oleh Ibu Akrim Muslilah S,Pd. Lalu untuk jurusan AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga) dan MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis) mendapat materi dengan tema "Bekal Masa Depan" oleh Ibuu Esti Zunastiti S, Pd. Di akhir kegiatan juga terdapat ice breaking dan pemutaran film. 

Ibu Ike Meisari Silfana S.Pd I selaku pembina ROHIS SMK Negeri 2 Magelang mengungkapkan harapannya kepada para siswa setelah adanya Pesantren Ramadhan tersebut. "Harapan saya semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah ilmu keagamaan para siswa, menambah kecintaanya kepada Allah SWT, dan mereka lebih memaknai bulan suci ini dengan lebih berkualitas dan Istiqomah dalam melakukan kebaikan." ungkapnya.

Adanya kegiatan ini mendapat respon positif dari siswa-siswi di sekolah. Salah satunya yaitu Puspita Hidayati , siswa kelas 10 AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga). Ia mengaku kegiatan ini sangat menambah ilmu dan dapat menumbuhkan semangat dalam kebaikan. "Saya senang dengan diadakannya kegiatan ini karena melalui kegiatan ini menambah ilmu pengetahuan saya serta menumbuhkan semangat saya dalam melakukan kebaikan." ucapnya. (Yulia &Ulin /Tim Jurnalistik Skanida).

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

  Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL