SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

Keseruan Siswa-Siswi Fase E Memasak Makanan Kenduri Hajatan

Kamis, 07 Maret 2024 ~ Oleh jurnalis ~ Dilihat 126 Kali

MAGELANG - Sesuai dengan tema kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu "Kearifan Lokal", salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa-siswi Fase E (Kelas 10) adalah memasak makanan kenduri hajatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (05/03/2024) di ruang kelas masing-masing.

Tujuan Bapak/Ibu guru Fasilitator P5 Fase E memilih kegiatan memasak Kenduri Hajatan pada P5 kali ini adalah untuk mengenalkan budaya slametan atau hajatan kepada siswa-siswi. Seperti yang diungkapkan oleh Fasilitator P5 Fase E, Ibu Latifa Ika Devi S.Pd, "Tujuannya agar anak-anak dapat mengenal dan memahami tentang budaya slametan yang pada saat ini sudah mulai luntur di masyarakat." ungkapnya.

Dalam setiap masakan yang disajikan, para siswa diberikan kebebasan untuk memilih menu slametan atau hajatan apa yang akan mereka sajikan. Sehingga setiap makanan yang akan disajikan memiliki makna yang sangat luas dan berbeda-beda.

Ramai siswa-siswi kelas 10 yang merasa senang dengan adanya kegiatan memasak makanan kenduri hajatan tersebut. Salah satunya yaitu Nayla Dwi Ramadhani, siswi kelas 10 Akuntansi (AKL) 3. "Kesan saya itu senang karena jadi mempererat feel dan kekeluargaan sekelas, terus juga senengnya itu karena saya jadi tau menu-menu untuk nyadran dan arti setiap masakan nya apa saja." ujarnya.

Ibu Latifa Ika Devi S.Pd, juga mengungkapkan harapannya setelah adanya kegiatan tersebut, "Setelah melakukan rangkaian kegiatan P5 dan dapat memahami dan mengenali mengenai kenduri hajatan, harapan kami semoga anak-anak bisa mengambil hikmah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan yang telah dilakukan."imbuhnya. (Yulia & Rachel /Tim Jurnalistik Skanida)

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

  Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL