SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

Permainan Tradisional Hiasi Kegiatan P5 Kelas 10

Rabu, 06 Maret 2024 ~ Oleh jurnalis ~ Dilihat 225 Kali

Magelang - SMK Negeri 2 Magelang gelar P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tentang Kearifan Lokal. Kegiatan P5 diselenggarakan pada tanggal Senin, (04-08/03/2024). Kegiatan P5 ini diikuti oleh Fase E (kelas 10) dan Fase F (kelas 11). Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk membentuk kepedulian siswa terhadap Kearifan lokal dan mengingatkan kepada siswa akan budaya lokal yang sekarang ini jarang ditemukan.

"Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan P5 ini para siswa dapat terus melestarikan budaya lokal." papar Bu Sri Haryaningsih, S.Pd. pembina apel kegiatan P5.

Kegiatan P5 diawali dengan apel pembukaan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 dan 11. Setelah Apel selesai kelas 10 tetap berada di lapangan untuk mendengarkan teknis kegiatan P5 hari pertama, sedangkan kelas 11 kembali ke kelas masing masing. Kegiatan P5 dihari pertama bagi kelas 10 adalah melakukan perlombaan permainan tradisional. Permainan tradisional yang dilombakan adalah Gobak Sodor, Bakiak dan Kasti.

Gobak Sodor merupakan permainan tradisional dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk permainan Gobak Sodor sendiri, setiap kelas akan mengeluarkan tim terbaik mereka. Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Dalam permainan ini, ada 2 tim yang bertanding dimana satu tim akan menjadi tim penjaga benteng dan satu tim menjadi tim yang berusaha memasuki benteng. Diakhir permainan gobak sodor, juga ada penampilan yel-yel dari kelas 10 AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) dan 10 MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis).

Permainan selanjutnya yaitu Bakiak. Bakiak merupakan sejenis sendal yang terbuat dari papan kayu yang dengan pengikat dari ban bekas di kedua sisinya. Setiap kelas menyediakan 1 pasang bakiak yang mereka buat dirumah. Permainan bakiak dimainkan oleh 6 orang pemain. 3 orang pemain akan berjalan sampai ke garis akhir dan bertukaran dengan 3 pemain lainnya yang kemudian berjalan ke titik awal. Setalah permainan bakiak selesai dilanjutkan dengan penampilan yel-yel dari kelas 10 PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) dan kelas 10 PM (Pemasaran).

Permainan terakhir yaitu permainan kasti. Untuk permainan kasti, setiap kelas mengeluarkan 1 tim yang terdiri dari 10 anggota. Setiap tim yang bertanding akan gumsut terlebih dahulu untuk menentukan posisi mereka. Tim yang menang akan mendapat posisi sebagai pemukul dan yang kalah akan menjadi tim penjaga. Waktu permainan bola kasti adalah 5 menit, kelas yang mendapat point terbanyak akan dinyatakan pemenangnya. Point tersebut didapatkan dari pemain yang berhasil melewati home bass kemudian kembali ke home.

"Saya sangat senang mengikuti permainan ini karena di jaman saat ini jarang ada orang yang memainkan permainan tersebut dengan diadakannya perlombaan ini kita dapat melestarikan budaya di Indonesia." ucap Aluna Sukma Farda Illya siswa kelas X PM 2, salah satu siswi ikut dalam perlombaan tersebut. (Ulin & Salwa /Tim Jurnalistik Skanida)

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

  Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL