SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

SMKN 2 Magelang Adakan Sosialisasi Magang di Jerman, Jepang, dan Dalam Negeri Sambil Kuliah

Senin, 22 Mei 2023 ~ Oleh Ika ~ Dilihat 513 Kali

Magelang - SMKN 2 Magelang mengadakan kegiatan sosialisasi dengan tema "Magang Sambil Kuliah" pada Jumat (19/05/2023) bertempat di ruang A6-A7. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00-11.30 WIB. Sosialisasi ini dihadiri oleh para peserta yang merupakan lulusan tahun 2023 dari jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL), beberapa guru di SMKN 2 Magelang, beberapa siswa perwakilan dari sekolah luar, dan perwakilan siswa-siswi kelas 11 AKL.

Sosialisasi yang mendatangkan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2003-2005, yakni Dr. Ir. H. Erman Soeparno, MBA.,M.SI. ini sukses diselenggarakan dengan lancar walau mendadak. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC acara, yang kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Bapak Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T selaku Kepala Sekolah SMKN 2 Magelang.

"Ini adalah kesempatan yang bagus. Saya berharap semua siswa-siswi, tak hanya dari SMKN 2 Magelang bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini, untuk bisa magang sambil kuliah," ungkap bapak Kurniawan dalam sosialisasi tersebut.

Setelah sambutan dari Kepala Sekolah SMKN 2 Magelang, sosialisasi ini langsung menuju acara inti. Yaitu sosialisasi oleh bapak Erman Soeparno. Beliau adalah pendiri sekaligus komandan akademi komunitas presiden, yang mempunyai visi dan misi mengurangi pengangguran di Indonesia.

"Jangan khawatir menjadi anak SMK, sekarang anak SMK bisa menjadi apa saja. Saya juga dulu lulusan STMN 1 Yogyakarta," kata Bapak Erman Suparno.

Beliau juga mengatakan bahwa akademi komunitas presiden membuka peluang untuk lulusan SMK supaya bisa magang di Jerman, Jepang, Korea, dan dalam negeri. Beberapa persyaratan nya yang pertama daftar LPK presiden, kemudian training untuk belajar bahasa minimal 4-5 bulan. Setelah selesai training, calon magang akan diberikan sertifikat kompetensi guna lampiran ijazah untuk persyaratan magang diluar negeri.

"Saya merencanakan Gerakan Nasional Penanggulangan Pengangguran (GNPP). Ketika magang di Jepang, Jerman, atau Korea kalian tidak perlu mengkhawatirkan tentang dana. Dana training bahasa, berangkat, sampai tinggal disana akan ditalangi setelah bekerja" tutur Bapak Erman Suparno.

Pematerian berlangsung dengan seru, banyak pula pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta dalam sesi tanya jawab. Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias hingga kegiatan berakhir.

"Dari sosialisasi ini, kita dapat sharing ke teman teman yang mungkin membutuhkan informasi ini juga, begitupun kita dapat sharing disekolah lain. Kita buat jejaring agar informasi tidak berhenti di sini saja," harap Bapak Kurniawan pada akhir sesi pematerian.(tasya&ika/tim jurnalistik skanida)

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

  Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL