SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

SMKN 2 Magelang Siap PPDB Sekolah Siap Kerja!

Minggu, 18 Juni 2023 ~ Oleh Rahma ~ Dilihat 687 Kali

Magelang - Menjelang tahun ajaran baru 2023/2024 SMK Negeri 2 Magelang mengadakan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) yang diadakan pada tanggal (15-17/06/2023). Pendaftaran Yang dilakukan di SMK Negeri 2 Magelang dilakukan dengan online yang dimulai dengan pengajuan verifikasi, sampai pengumuman penerimaan peserta didik baru yang dibantu oleh panitia di SMKN 2.

Penerimaan peserta didik baru ini merupakan proses tahunan untuk menjaring siswa-siswi SMP/Mts. Yang akan melanjutkan pendidikan ketingkat selanjutnya yaitu SMK untuk diajarkan mampu mempersiapkan diri guna terjun ke dunia kerja. SMK Negeri 2 Magelang ini mempunyai 4 jurusan unggulan yaitu PPLG (Perangkat Lunak dan Gim), MPLB (Menejemen Perkantoran dan Layanan Bisnis), PM (Pemasaran), dan AKL (Akutansi dan Keuangan Lembaga).

Terdapat dua tahap dalam pendaftaran PPDB yaitu pengajuan akun beserta verifikasi berkas dan aktivasi akun. Dalam tahap pengajuan akun beserta verifikasi berkas, ada beberapa berkas yang perlu disiapkan mulai dari rapor asli, surat keterangan nilai rapor dari semester 1 hingga 5, Kartu Keluarga asli, SKL (Surat Keterangan Lulus), dan Fakta integritas. Apabila siswa berhasil mengajukan akun dan verifikasi berkas, siswa akan mendapat nomor token yang dapat digunakan untuk mendaftar.

Pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) ini terdapat beberapa jalur yang dapat dipilih siswa. Diantaranya jalur Prestasi, Afirmasi, dan Zonasi. Dalam jalur Prestasi siswa dapat mendaftar menggunakan nilai rapor dan tidak harus menggunakan sertifikat lomba.

Meskipun lancar, acara PPDB tersebut tak terlepas dari beberapa kendala saat pelaksanaannya. Kendala yang pertama ialah kurangnya familiar masyarakat umum mengenai SMKN 2 Magelang. Banyak masyarakat umum yang masih bingung akan lokasi SMKN 2 Magelang yang mempengaruhi jumlah pendaftar.

Kendala kedua ialah banyak murid dan wali murid yang tidak begitu memahami alur dan cara pendaftaran. Dan yang terakhir ialah bentuk SKL (Surat Keterangan Lulus), yang dibutuhkan siswa untuk mendaftar banyak yang tidak sesuai dengan sistematika. Hal ini membuat, siswa harus kembali ke sekolah mereka untuk membuat SKL yang sesuai dengan sistematika agar dapat memasukkan nilai rapor ke dalam sistem.

Dalam pelaksanaan PPDB ini, para calon siswa-siswi SMK Negeri 2 Magelang yang didampingi oleh orang tuanya, menyampaikan beberapa harapan dan kesan.

"Persiapan dalam pendaftaran cukup baik, dan dalam pelayanan di sekolah SMK Negeri 2 Magelang cukup baik, karena sudah sesuai prosedur pemerintah, dan harapan saya semoga untuk anak-anak bisa masuk di SMK Negeri 2 Magelang." Ungkap Ibu Ratna selaku wali dari calon Peserta Didik Baru.

Bapak Sugioyono, S.Pd selaku ketua panitia pelaksana PPDB berpesan kepada calon peserta didik untuk mempersiapkan PPDB dengan matang. Dan berharap agar calon peserta didik leluasa, memilih jurusan sesuai keinginannya tanpa adanya paksaan dari siapapun.

"Memilih jurusan adalah 100 persen hak calon peserta didik, jangan sampai orang tua memaksakan kehendaknya pada anaknya," tuturnya.(alnisfa&defi/tim jurnalistik skanida)

SMK BISA! SMK HEBAT! SMK N 2 MAGELANG UNGGUL DAN JUARA!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT