SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

Adakan Workshop Perencanaan Berbasis Data, SMK N 2 Siap Implementasikan

Rabu, 03 Agustus 2022 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 74 Kali

Magelang- SMK Negeri 2 Magelang adakah workshop perencanaan berbasis data (25/7/2022). Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan program SMK Pusat Keunggulan (PK) skema pemadanan tahun 2022. Acara diikuti oleh jajaran tim manajemen sekolah di ruang pertemuan  setempat.

“Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat dan dapat dilaksanakan secara istiqomah di sekolah kita”, kata bapak Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T. membuka acara.

Acara inti adalah materi Perencanaan Berbasis Data oleh bapak Dwi Yunanto, M.Pd. narasumber dari Widyaswara Madya BBPPMPV Seni dan Budaya Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memahami prinsip, tujuan dan metode perencanaan berbasis data, kerangka dan struktur profil pendidikan dan Indikator dalam profil Pendidikan.

Bapak Dwi Yunanto, M.Pd.  mengatakan target SMK PK diharapkan bisa multifungsi dan melakukan link n match dengan industri.

“Banyak perubahan yang harus didalami. Banyak perubahan yang harus bisa dilakukan. Sekarang pemerintah daerah sudah tidak tinggal diam, tidak seperti dulu yang banyak menerapkan istilah "asal bapak senang", tetapi kegiatan yang dilakukan adalah Based On Data atau yang dikenal dengan Perencanaan Berbasis Data ”, tambahnya.

Pada kegiatan inti, narasumber mempresentasikan materi program pengembangan sekolah menengah kejuruan tahun 2022 berlanjut bimbingan pembuatan perencanaan berbasis data.

Pada sesi bimbingan, narasumber mengajak peserta workshop untuk melakukan evaluasi profil pendidikan berdasar kerangka penilaian yang dikembangkan dari model input, proses, dan output tentang kinerja atau efektivitas sekolah. Narasumber juga memaparkan mekanisme perencanaan berbasis data di satuan pendidikan diantaranya melihat laporan potret kondisi mutu pendidikan, melakukan refleksi, perencanaan program perbaikan hingga pelaksanaan  program perbaikan.

“Perencanaan berbasis data ini adalah tangung jawab kita bersama. Sekolah tidak hanya membuat program, tetapi dapat diimplementasikan pada tahun anggaran tersebut. Kita memerlukan masukan-masukan bapak ibu, sehingga dapat membuat perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik dan diakhiri dengan evaluasi”, terang bapak Dwi Yunanto, M.Pd. (Tim Jurnalistik Skanida)

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT