SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

UJI KOMPETENSI KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DENGAN LSP P3 PERDAGANGAN RITEL

Kamis, 09 Mei 2019 ~ Oleh Ketua LSP P1 SMK Negeri 2 Magelang ~ Dilihat 5587 Kali

Dalam era perdagangan saat ini yang sudah berubah, daya saing suatu bangsa tidak lagi bergantung pada kekayaan sumber daya alam yang dimiliki namun tergantug pada pengetahuan suatu bangsa. Sumber daya manusia yang mendapat pengakuan secara global menjadi target perkembangan sumber daya manusia saat ini.

Sekolah sebagai pelaksana pendidikan harus menyusun dan melaksanakan pendidikan berbasis kompetensi. Kompetensi yang disusun disesuaikan dengan dunia industri sebagai pengguna lulusan kerja. Untuk itu perlu sekolah perlu memastikan kompetensi siswa sebagai calon tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari.

SMK Negeri 2 Magelang bekerjasama dengan LSP P3 Perdagangan Ritel bekerjasama secara administrasi dan teknis untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi kepada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Pemasaran SMKN 2 Magelang. Klaster yang diujikan adalah Pramuniaga dengan 10 unit kompetensi yaitu;

  1. Mempersiapkan diri untuk bekerja
  2. Berkomunikasi dengan target pelanggan
  3. Mengidentifikasi respon pelanggan
  4. Melaksanakan pelayanan pelanggan
  5. Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
  6. Melakukan proses administrasi pengelolaan produk
  7. Menemukan peluang baru dari pelanggan
  8. Melakukan stock opname
  9. Menata produk
  10. Melakukan rencana pembelian produk                              

Kegiatan ini diawali dengan Pra Asesmen pada tanggal 3 Mei 2019 dengan pengisian APL 01 dan APL 02 serta kelengkapan administrasi. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Uji Kompetensi pada tanggal 7 dan 8 Mei 2019. Kegiatan diikuti oleh 70 asesi dan 2 asesor yang berasal dari Dunia Industri dan 4 asesor yang berasal dari Asesor Guru Pemasaran. Dari kegiatan tersebut, 69 asesi dinyatakan kompeten sedangkan 1 asesi dinyatakan tidak kompeten. Selanjutnya siswa yang dinyatakan kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi diharapkan dapat bersaing mencari pekerjaan dalam kancah nasional.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

  Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL