SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

Gelar Karya P5, SMK Negeri 2 Magelang Adakan Stand Bazar Tema Kearifan Lokal

Jum'at, 19 Mei 2023 ~ Oleh Rahma ~ Dilihat 3669 Kali

Magelang - SMK Negeri 2 Magelang mengadakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema "Melestarikan Adat Istiadat Sebagai Kekayaan Kearifan Lokal". Gelar Karya ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Selasa dan Rabu (16-17/05/2023). Berbagai kegiatan yang ditampilkan pada acara gelar karya kali ini, salah satunya adalah peserta didik fase E (kelas 10) yang mendirikan stand bazar. Stand tersebut didirikan di halaman tengah, di depan ruang guru SMK Negeri 2. Selain guru dan peserta didik, kegiatan ini dihadiri oleh wali murid siswa dan beberapa tamu undangan.

Adapun SMKN 2 mengangkat tema kali ini bertujuan agar peserta didik mengenal budaya dan tradisi lokal yang ada di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. "Tujuan kita memilih tema ini yaitu, agar siswa dapat mengenal tradisi dan budaya yang ada di daerah setempat", ucap Ibu Latiffa Ika Devi, S.Pd selaku Fasilitator P5.

Sesuai dengan tema, stand yang peserta didik fase E dirikan ini seperti stand makanan di pernikahan pada umumnya, dimana stand satu dengan stand yang lainya nampak sama. Namun yang membedakan stand tersebut adalah makanan tradisional yang mereka jual. Adapun makanan tersebut seperti talam talas, buntil, bakpia, onde-onde, growol, dan masih banyak lagi.

Dengan diadakannya tema Gelar Karya P5 ini, beberapa peserta didik beranggapan bahwa stand yang mereka dirikan kali ini bersifat unik, juga menambah wawasan tentang kearifan lokal untuk peserta didik SMKN 2 Magelang. Salah satu diantaranya yaitu Silfi Mustaniroh, siswi kelas 10 AKL 1.

"Kita bisa belajar berbagai warisan budaya khususnya di bidang kuliner sekaligus bisa belajar berwirausaha juga. Dimana stand tersebut menjual berbagai macam makanan tradisional yang mungkin sudah jarang kita temui", ungkapnya.

Selain menjual makanan tradisional peserta didik fase E juga menjual dan menampilkan produk kerajinan yang telah mereka buat. Uniknya kerajinan yang mereka buat ini terbuat dari bahan bekas yang mereka jadikan sebagai keset, vas bunga, taplak meja, dan masih banyak lagi. Selain mengurangi limbah, produk kerajinan yang mereka buat ini dapat menghasilkan nilai jual.

Ibu Latiffa Ika Devi, S.Pd juga berharap agar para siswa bisa melestarikan budaya Indonesia. "Harapan kedepannya yaitu siswa bisa tetap menjaga dan melestarikan budaya serta tradisi tersebut", tambahnya. (yuli&homsa/tim jurnalistik skanida)

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kurniawan Basuki, S.Pd., M.T.

  Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara lain…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL