SMK Negeri 2 Magelang

Jalan Jend. A. Yani 135 A Magelang

Skanida Bisa Hebat

Implementasi Permendikbud Nomor 28 Th 2016 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan

Selasa, 20 Maret 2018 ~ Oleh Wks Ketenagaan dan Sarpras ~ Dilihat 2145 Kali

Dalam upaya penjaminan mutu pendidikan sekolah harus memiliki Tim Penjaminan Mutu Pendidikan tingkat sekolah (TPMPS) yang memastikan  untuk merencanakan,mengelola, dan mengevaluasi siklus pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan tingkat sekolah. Sistem Penjaminan Mutu dapat meliputi SIstem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ataupun Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Agar dalam pelaksanaannya guru tidak terlalu tersita waktunya untuk urusan dokumen maka sekolah berinovasi memadukan permintaan standar mutu yang telah diterapkan disekolah tersebut, seperti dokumen permintaan untuk Akreditasi, permintaan untuk SMM ISO 9001:2015, dokumen siklus SPMI yang terdiri dari 5 siklus yaitu:

1. Pemetaan mutu

2. Rencana peningkatan mutu

3. Pemenuhan mutu

4. Monitoring dan evaluasi / Audit

5. Penetapan standar baru

Dalam pelaksanaan Siklus SPMI tersebut jika kita laksanakan secara konsisten maka sekolah akan memiliki suatu proses yang sistematis dalam mengelola program kerja sekolah, runtun antara raport mutu, EDS, sebagai dasar pemetaan mutu, menganalis akar masalah di sekolah, sehingga didalam pemenuhan mutu didalam program kerja sekolah dalam RKS,RKT dan RKAS yang dilaksanakan sesuai dengan kesenjangan yang ada disekolah dan secara otomatis dalam pengukurannya akan terlihat dari 8 Standar Nasional Pendidikan mana yang perlu ditingkatkan dan dioptimalkan agar sekolah dapat memenuhi 8 SNP dan dapat melampaui indikator dalam 8 SNP sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Dibutuhkan komitmen, konsistensi dari seluruh komponen sekolah untuk melaksanakan Permendikbud nomor 28 tahun 2016 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan.    

Dalam konteks penerapan SPMI SMK Negeri 2 Magelang telah dibentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Tingkat Sekolah (TPMPS) dan akan bersinergi dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi Sistem Penjaminan Mutu dengan Wakil Manajemen Mutu (WMM) yang selama ini telah mengawal implementasi SMM ISO 9001:2015 di SMK Negeri 2 Magelang sejak tahun 2007.

Dengan perpaduan dokumen yang disiapkan oleh masing-masing Unit Kerja berserta staf diharapkan adanya perpaduan dokumen mutu antara implementasi SMM ISO 9001:2015, penerapan SPMI dalam rangka mencapai Standar Nasional Pendidikan bahkan melampaui SNP dengan penetapan standar-standar baru yang dipadukan dengan program kerja dan sasaran mutu setiap tahunnya, dibutuhkan kebersamaan dan sinergi  dalam mengelola penjaminan mutu di sekolah agar guru juga waktunya tetap fokus kepada siswa meskipun mendapat tugas tambahan untuk pengelolaan sekolah.

SMK Negeri 2 Magelang juga telah ditetapkan sebagai sekolah Model SPMI oleh LPMP pada tahun 2017 ini memiliki konsekwensi positif dalam rangka memajukan dan mengembangkan sekolah dari sisi sistem penjaminan mutu, SMK Negeri 2 Magelang harus berkomitmen melaksanakan SPMI di sekolah dan memiliki upaya yang tinggi untuk mendampingi sekolah-sekolah SMK Binaan dalam pelaksanaan SPMI.

LPMP juga ketika mengadakan sosialisasi dan pelatihan Penjaminan Mutu Pendidikan untuk SD,SMP,SMA,SMK se Kota Magelang juga memilih bertempat di SMK Negeri 2 Magelang ini memberikan stimuli yang tinggi dalam membangun komitmen sekolah dalam rangka melaksakan pengelolaan sekolah sesuai dengan permendiknas nomor 28 tahun 2016 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selamat Berkarya, dan Beribadah 

SMK BISA, SMK N 2 BISA LEBIH.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs.Supriyatno, M.Pd.

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.Puji syukur Alhamdulillah selalu kita panjatkan kepada Ilahi Robbi. Keperluan dan kepentingan manusia dalam kehidupan antara…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah web ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 2 Magelang..?

LIHAT HASIL