SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah, (0293) 362577

SMK N 2 Magelang, Unggul dan Juara

SMKN 2 Magelang, Raih Juara 3 HAC 2021

Rabu, 29 September 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 516 Kali

MAGELANG - SMK N 2 raih juara 3 Lomba Himakta Accounting Competition (HAC) 2021. Lomba tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Universitas Tidar Magelang (UNTIDAR) ini dilaksanakan di Perpustakaan Sekolah pada Sabtu, 18 September dan Sabtu, 25 September 2021. Lomba ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi  Zoom Meeting dan platform lain diantaranya Google sheet dan Kahoot.

Kepala Jurusan Akuntansi, Laely Inayah S,Pd. mengatakan tujuan  ikut serta lomba tersebut adalah mengembangkan  kompetensi peserta didik,  menumbuhkan rasa sportifitas, serta mengenalkan SMK N 2 kepada masyarakat. 

SMK N 2 mengirimkan 1 tim, yang bernama tim BRILIAN, yang terdiri dari 3 siswa dari jurusan Akuntansi yaitu Riana Saputri, Rizka Febina Lestari, dan Kharisma Putri Maharani. Peserta lomba melaksanakan latihan sebulan sebelum perlombaan dimulai, baik online maupun offline di sekolah. Dengan dibimbing 2 guru yaitu Cicilia Nugrahanti S,Pd., dan Rohibatul Fahmi S,Pd.

"Tidak ada pembagian tugas belajar di tim kami. Satu tim yang terdiri dari 3 anak berusaha untuk menguasai semua materi yang akan dilombakan. Pada saat pelaksanaanya kita berkolaborasi menemukan jawabannya. Jika ada perbedaan pendapat, kita sedikit musyawarah buat cari jawaban yang paling benar”, kata Kharisma.

Pelaksanaan Lomba terbagi menjadi tahap preliminary, semifinal, hingga grandfinal. Pada tahap premilinary diambil 10 tim, semifinal diambil 5 tim, dan grandfinal babak penentuan juara 1, 2, 3, harapan 1, harapan 2. Pengumuman dilakukan melalui akun media sosial Himakta yaitu @actifehimakta. Setelah melalui proses persiapan yang maksimal hingga pelaksanaan yang panjang SMK N 2 Magelang berhasil meraih juara 3 dengan total skor akhir 216.

Menurut Rohibatul Fahmi S,Pd kendala yang dihadapi hanya di mental para siswa. Karena mereka baru pertama kali mengikuti lomba jadi mungkin sedikit nervous.

"Pelaksanaan lomba alhamdulillah lancar. Kita unggul ditahap penyisihan dan semi-final, berada diposisi paling atas. Namun ketika grand final kita belum bisa memenuhi target juara 1, hanya bisa diposisi ke 3. Anak-anak sudah berusaha maksimal. Lain kesempatan semoga bisa mendapat posisi 1 dan lebih baik lagi.” Tambahnya.

Riana dan Rizka mengatakan bahwa mereka bersyukur bisa mengikuti lomba tersebut. Dan bisa dapat berbagai ilmu dan pengalaman baru. Serta dapat ikut serta mengharumkan nama sekolah. Walaupun mereka sempat pesimis untuk sampai ke babak grandfinal dan sedikit kecewa karena dari awal mereka berada di posisi pertama. Tetapi tetap senang dan bersyukur masih bisa masuk kedalam 3 besar.

“Perlombaan sudah bagus dan sportif. Ada transparansi nilai perolehan juga. Jadi setiap peserta bisa mengetahui rivalnya seperti apa.” Ucap Rohibatul Fahmi S,Pd.

Laely Inayah S,Pd., berharap semoga untuk lomba selanjutnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal lagi. (Tim Jurnalistik Skanida)

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 2 Magelang Unggul dan Juara!

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT