SMK NEGERI 2 MAGELANG

Jalan Jend. Ahmad Yani 135 A, Kramat Selatan, Magelang Utara, 56115 Magelang, Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi SMK N 2 Magelang

Pelantikan dan Pengukuhan Pasopati SMKN 2 Magelang

Senin, 09 November 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 32 Kali

MAGELANG – Pramuka SMKN 2 Magelang gelar Pengukuhan dan Pelantikan Pasopati (Pasukan Anggota Pramuka Inti) pada Kamis-Sabtu (5-7/11/2020). Kegiatan ini diikuti oleh 32 Pasopati kelas 10, bantara kelas 11, dan laksana kelas 12 serta tujuh orang Pembina Pramuka. Sejumlah 32 peserta dari kelas 10 akan dilantik menjadi Pasopati setelah mengikuti serangkaian proses tahapan. Pasopati merupakan salah satu tingkatan untuk dapat menjadi Bantara.

Gambar.1

“Peserta nantinya akan dilantik dan dikukuhkan untuk menjadi Pasukan Anggota Pramuka Inti SMKN 2 Magelang,” ujar Ka Gudep, Kak Bagus Sunyoto, S.Pd.

Salah satu Bantara, Arum Kusuma Wardani mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk jiwa pramuka dalam diri peserta. Peserta diharapkan mampu mewujudkan visi misi kepramukaan.

“Untuk membentuk jiwa pramuka dalam diri peserta dengan acara ini diharapkan peserta mampu mewujudkan visi misi kepramukaan,” katanya.

Gambar.2

Rangkaian dari kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini, yaitu Kamis, perkenalan anggota CAPA, sharing pengalaman, mini game, dan penetapan jumlah anggota. Hari berikutnya, Jumat, dirangkai dengan pemberian materi Pasopati, pemberian materi ambalan, materi fundamental, pemilihan Danpa (Komandan Pasopati) dan Wadanpa (Wakil Komandan Pasopati) serta pembahasan SKU. Hari Sabtu diawali dengan latihan apel, tes materi, uji SKU, dan pelantikan Pasopati.

Gambar.3

Kegiatan pengukuhan dan pelantikan ini mempunyai kesan tersendiri bagi peserta. Menurut salah satu anggota Pasopati kelas 10 mengatakan bahwa kegiatan ini menyenangkan, seru, dan bisa belajar PBB. Dia juga mengatakan alasannya bergabung di Pasopati yaitu karena keyakinan dalam hati dan juga niat.

“Kegiatan hari ini tuh menyenangkan banget, seru, terus bisa belajar PBB juga. Intinya seru,” katanya.

oleh : Tim Jurnalistik Skanida

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT